Senin, 28 Maret 2011

THE ASCENT OF MAN - THE HARVEST OF THE SEASON

The Haverst Of Season. pada judul ini mengisahkan tentang awal migrasi manusia, pertanian,permukiman pertama, dan perang.
Migrasi pada zaman dahulu dilakukan manusia karena manusia dulu belum mengenal namanya bercocok tanam dan masih mencari makan dengan berburu. Makanya manusia zaman dahulu berpindah-pindah untuk mencari tempat yang berpotensi banyak buruan untuk kebutuhan sehari-harinya. Saat mereka telah berkembang atau mulai dapat bercocok tanam. Mereka mulai bertempat tinggal tetap atau tidak berpindah-pindah lagi. Awal mereka bermukim adalah pada masa Prasejarah mereka sudah mulai menetap disuatu tempat, meramu dan menggunakan alat-alat pertanian ataupun rumah tangga yang sudah agak modern. Cara berkomunasi mereka sudah agak modern dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka membuat pemukiman yang terdiri dari beberapa kelompok kepala keluarga.
Perang pada saat Prasejarah diakibatkan karena ingin menguasai daerah tertentu. sikap imperialis sudah di tunjukkan pada zaman mereka dan sikap serakah manusia yang imperialis ini merupakan keturunan dari bangsa mereka sebelumnya.
Langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari cara hidup nomaden ke desa pertanian, yang dimungkinkan oleh serangkaian peristiwa alam dan manusia. “Settled agriculture creates a technology from which all sciences take off”. Yaitu, pertanian menetap menciptakan teknologi dari mana semua ilmu lepas landas.
Peradaban manusia menjadi hal penting yan harus ditinjau ulang dan dijadilkan sejarah yang bisa dipelajari. Semua itu adalah usaha membawa peradaban manusia selanjutnya menjadi lebih baik dan belajar pada masa lalu. Peradaban manusia membuat manusia bertahan hidup demi kelangsungan hidupnya. Demi memenuhi kebutuhan hidup manusia harus berusaha untuk mencari makan. Diantaranya dengan bertani, melaut, , berternak dan bercocok tanam. Semua itu dilakukan demi menyambung hidup. Peradaban manusia yang menetap itu juga menyebabkan kebudayaan di antara manusa semakin berkembang pesat. Semakin peradaban manusia berkembang pesat, semakin mereka mengetahui keuntungan dalam menyambung hidup itu memerlukan wilayah, dan sumber daya alam yang cukup. Lalu manusia itu berpencar untuk mencari daerah kekuasaan masing-masing. Semakin banyak manusia dimuka bumi ini, maka semakin sempit daerah yang dimiliki setiap individu ataupun kelompok. Dari masalah itu timbulah pikiran untuk saling menguasai kekuasaan, ketamakan,dan ketidakpuasaan dengan apa yang ada. Kekuasaan yang dimiliki tentu saja terdiri dari aset yang bernilai harganya. Diantara dibangun kota. Kota-kota itulah yang pada akhirnya menandakan pembatas dari kekuasaan masing-masing. Sebab akibat dari adanya pembatas itulah yang menimbulkan peperangan untuk saling menguasai tadi. Dan diperkenalkanlah
istilah peperangan dalam peradaban manusia yang membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh peperangan itu sendiri membawa dampak yang sangat luas biasa.
Perang pada saat zaman Prasejarah diakibatkan karena manusia ingin menguasai daerah tertentu, dan juga ingin memperluas daerah ataupun kekuasaan yang telah mereka tempati. sikap imperialis sudah di tunjukkan pada zaman mereka dan sikap serakah manusia yang imperialis ini merupakan keturunan dari bangsa mereka sebelumnya, yang mana akan selalu tertanam di dalam sifat manusia pada zaman yang akan datang. Manusia sesungguhnya terpaku pada alam,sebab manusia dalam kehidupannya tidak terlepas dari alam dan selalu berhubungan dengan alam,baik berkaitan dengan pekerjaannya dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kelangsungan hidupnya. Walaupun pada dasarnya manusia tidak terlepas dari teknologi samahalnya dengan robot yang menggunakan mesin dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.Dalam film wall-e yang membicarakan tentang robot pembersih sampah, hal ini membuktikan bahwa manusia yang memiliki kemampuan berfikir yang sangat tinggi kini justru terpaku pada mesin dan ha-hal yang berkaitan dengan teknologi akibatnya timbul sifat malas dalam benak setiap manusia.
Pada dasarnya manusia yang hidup dua juta tahun di muka bumi ini hanya bisa menghasilkan sampah dan tidak pernah bisa menghargai alam yang telah diberikan oleh yang maha kuasa sebagai tempat dalam menjalakan kehidupannya sebagai manusia. Seharusnya manusia itu harus bisa mempertahan alam yang telah diberikan dengan baik bukan dengan merusaknya akibat adalah kerugiaan bagi diri manusia itu sendiri seperti bencana alam yang terjadi semua itu berdampak pada kehidupan manusia dalam beraktifitas seperti bekerja,sekolah maupun dalam menjalankan sistem pemerintahan yang secara umum dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
Manusia terkadang selalu terkait dengan hal pangan yaitu berkaitan dengan asupan gizi, seperti dalam film Harvest of seasons (bagian dua dari “Yakub Bronowski The Ascent of Man”(1973) yaitu membicarakan tentang kebangkitan peradaban dalam dunia sekitar ribuan tahun lamanya yang selalu menopang hidupnya dengan pertanian.Dengan revolusi pertanian Yakub Bronowski belajar untuk mengontrol dunia biologi dengan cara menanam biji-bijian antara lain gandum dan jagung. Seorang Bronowski yang dapat mengontrol dunia biologi ,membuktikan bahwa manusia memiliki kemampuan dalam membangun suatu dunia. Sebab manusia dapat hidup karena manusia setiap harinya membutuhkan asupan makanan dan karena makanan itu manusia menjadi lebih baik dalam berfikir dan bertindak demi kemajuan suatu Negara
Keyakinan Wall-e terhadap kehidupan dibumi , terbukti karena penemuan sebuah tanaman kecil yang dalam hal ini menyakinkan Eve bahwa masih terdapat kehidupan di bumi. Dengan adanya hal ini berarti manusia itu dapat berusaha dan yakin pada dirinya bahwa sekecil apapun yang di perbuat untuk bumi ini pasti akan berdampak besar untuk kemajuan suatu Negara dan demi kelangsungan hidupnya di muka bumi. Manusia dalam hidupnya tidak lepas dunia teknologi dan informasi mengapa saya berkata seperti itu sebab pada dasarnya manusia itu ingin suatu pekerjaannya itu dapat terselesaikan dengan tepat waktu dan baik.
Sesungguhnya kehidupan itu berawal dari zaman yang terendah hingga pada zaman globalisasi. Pada zaman Terendah sekitar Abab 80 manusia cenderung menggunakan alat yang sederhana dalam melakukan suatu perjaannya seperti Hewan Badak yang dimanfaatkan untuk membajak sawah dan penggunaan kuda sebagai kendaraan berbeda dengan era Globalisasi dimana manusia cenderung memanfaatkan teknologi dan teknologi informasi untuk membantu penyelesaian suatu pekerjaan, dan juga terlihat pada penggunaan kendaraan mobil dan motor yang secara tidak langsung membuat manusia itu menjadi malas untuk berjalan dan Berolahraga. Ini membuktikan bahwa manusia itu cenderung malas dalam bertindak sehingga dunia ini menjadi tidak berkembangnya dan yang timbul malah kerusakan pada bumi ini seperti timbul bencana-bencana alam dan semua itu merupakan akibat dari perbuatan manusia itu sendiri.
Peradaban manusia menjadi hal penting yan harus ditinjau ulang dan dijadilkan sejarah yang bisa dipelajari. Semua itu adalah usaha membawa peradaban manusia selanjutnya menjadi lebih baik dan belajar pada masa lalu. Peradaban manusia membuat manusia bertahan hidup demi kelangsungan hidupnya. Demi memenuhi kebutuhan hidup manusia harus berusaha untuk mencari makan. Diantaranya dengan bertani, melaut, , berternak dan bercocok tanam. Semua itu dilakukan demi menyambung hidup. Peradaban manusia yang menetap itu juga menyebabkan kebudayaan di antara manusa semakin berkembang pesat. Semakin peradaban manusia berkembang pesat, semakin mereka mengetahui keuntungan dalam menyambung hidup itu memerlukan wilayah, dan sumber daya alam yang cukup. Lalu manusia itu berpencar untuk mencari daerah kekuasaan masing-masing. Semakin banyak manusia dimuka bumi ini, maka semakin sempit daerah yang dimiliki setiap individu ataupun kelompok. Dari masalah itu timbulah pikiran untuk saling menguasai kekuasaan, ketamakan,dan ketidakpuasaan dengan apa yang ada. Kekuasaan yang dimiliki tentu saja terdiri dari aset yang bernilai harganya. Diantara dibangun kota. Kota-kota itulah yang pada akhirnya menandakan pembatas dari kekuasaan masing-masing. Sebab akibat dari adanya pembatas itulah yang menimbulkan peperangan untuk saling menguasai tadi. Dan diperkenalkanlah istilah peperangan dalam peradaban manusia yang membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka sendiri. Dampak yang ditimbulkan oleh peperangan itu sendiri membawa dampak yang sangat luas biasa.
Hubungan dengan film wall-e pun dapat kita lihat., bahwa memang bumi hancur pun karena sikap dari manusia itu sendiri. Pencemaran yang menyebabkan timbulnya limbah maupun sampah yang ada. Semakin hari sampah itupun semakin menumpuk sehingga timbulah masalah dari sampah tersebut yang menyebabkan bumi tak layak huni bagi manusia. Kota-kota dari kekuasaan tadi menimbulkan sampah yang tidak bisa lagi ditanggulangi jika begitu menumpuk.. akibatnya sampah-sampah tadi tidak ada yang mengurusinya karena adanya sikap tak mau peduli dari diri manusia itu sendiri kepada bumi. Ditambah lagi oleh sikap manusia yang tak mau mengalah untuk mengurusi sampah-sampah itu sendiri. Karena merasa bukan sampah diwilayahnya jadi para manusia itu malah tak acuh oleh keadaan samapah yang begitu menumpuk. Padahal jika mereka memikirkan bahwa kebersihan dan keindahan keseimbangan alam itu untuk diri mereka sendiri dan generasi seterusnya yang akan menjadi penerus mereka membuat peradaban baru yang akan meniru contoh peradaban sebelumnya.
Oleh karena itu kita sebagai manusia harus menyadari arti dari kehidupan alam itu sendiri.
Di butuhkan minimal dua juta tahun untuk merubah manusia dari makhluk gelap kecil dengan batu ditangannya, Australopithocusdi Afrika Tengah, kebentuk yang lebih modern, yaituHomo sapiens.Itulahkecepatandarievolusibiologi – meskipun begitu, kecepatan evolusi biologi manusia ternyata lebih cepat dari evolusi biologi hewan lainnya.Tapi dibutuhkan lebih kurang dua puluh ribu tahu nuntuk sebuah Homo sapiens menjadi makhluk yang anda dan saya inginkan : artis dan peniliti, pembangun kota dan perencanaan untuk masa depan, pembaca dan pelancong, semangat untuk menjelajah fakta dari alam dan emosi manusia, sangatlah kaya akan pengalaman dan keberanian dalam berimajinasi dari pada leluhur – leluhur kita. Inilah dia kecepatan dari evolusi budaya ;sekali hal ini pergi, dia pergi sebagai perbandingan dari dua nomer yang pergi, sedikit nya seratus kali lebih cepat dari evolusi budaya itu sendiri.
Sekali dia pergi inilah kata terpenting. Ada satu pertanyaan,“Mengapa perubahan budaya yang membuat manusia manguasai bumi bermula baru-baru ini ?” sekitar dua puluh ribu tahun yang lalu,manusia dengan seluruh bagian yang ada di dunia yang dia miliki sampailah pada diri seorang penjelajah dan diri seorang pemburu,hal ini dengan beberapa karakterristik yaitu, mereka lebih mahir untuk bergerombolan ketika bergerak dalam berburu,seperti yang masih sering dilakukan orang-orang Lapps sampai sekarang. Sepuluh ributahun pun telah berlalu, nenek moyang kita mulai dari beberapa tempat untuk hidup, sampai dengan menjinakkan beberapa hewan dan menanam beberapa tumbuh-tumbuhan disekitar daerah tempat tinggal mereka.
Kita bias mengkapapa yang terlihat dan, apa yang sekan-akan, bau dari sebuah sungaies. Musim semi di Iceland dapat memutar balik keadaan menjadi seperti di zamanes, tetapi sesekali musim semi kembali kesemuadaratan Eropa dan Asia ketika musim es berakhir.Perjalanan hidup manusia itu sendiri, harus melewati kesulitan yang luar biasa, mereka mengembara dari Afrika lebih dari satu juta tahun yang lalu, mereka bertarung melewati zamanes, dan akhirnya menemukan tanah yang telah berbunga dan dikelilingi oleh hewan-hewan disekitarnya, dan mereka bergerak kejenis yang berbeda dari kehidupan ini.
Hal diatas biasa dipanggil dengan perubahan dalam pertanian. Tapi saya piker perubahan itu adalah sesuatu yang lebih“liar” lagi, yaitu evoulusi biologi. Ada hal yang saling berkaitan dalam bercocok tanam dan proses menjinakkan hewan. Lalu dibawah pergerakan evolusi yang sangat penting ini, manusia sangat dominan terhadap lingkungan nya dalam sapek yang sangat penting tentunya, tidak secara fisik tapi dalam sebuah tingkatan kehidupan – tumbuhan dan hewan, bersamaan dengan hal ini, datanglah kekuatan keseimbangan alam, tentang perubahan social secara besar-besaran. Sekarang hal ini menjadi instrument terpenting bagi manusia untuk dapat menetap disuatu tempat.Lalu manusia membuat keputusan yang penting apakah dia harus berhenti menjadi pengembara dan beralih disuatu tempat, untuk menjadi penduduk desa yang menetap didaerahnya. Masih ada beberapa penjelajah yang masih sering bepergian dari satu tempat ketempatlainnya, melewati perjalanan trans manusia yang luas dari satu tanah, ke tanah lainnya suku Bakhtiari di Persia sebagai contohnya. Untuk dapat lebih mengerti masalah ini, anda harus pergi bersama, dan menetap bersama mereka, untuk mengerti bahwa peradaban tidak akan dapat dibuat didalam perjalanan.
Segalanya didalam kehidupan pengembara sudah sangat lama sekali, Suku Bakhtiari selalu pergi dengan kelompok mereka sendiri. Seperti pengembara lainnya, mereka berpikir bahwa mereka semua adalah satu keluarga. Anak dari seorang pendiri mereka. (Sama seperti orang yahudi memanggil diri mereka sendiri sebagai anak dari Israel atau Jacob). Suku Bukhtiari mengambil nama mereka dari penggembala legendaris Mongolia, Bakhtyar. Legenda asal mula merekapun dimulai Dan ayah dari orang-orang kita, manusia bukit.Bakhtyar, keluar dengan sangat cepat dari sisi selatan pegunungan dalam waktu kuno. Benih nya banyak sekali, seperti batu yang berserakan di pegunungan, dan orang-orangnya pun makmur.
Istri pertama Bakhtyar memiliki tujuh anak laki-laki, ayah dari tujuh bersaudara garis dari orang-orang kita. Istri keduanya memiliki empat anak laki-laki. Dan anaklaki-laki kita akan mengambi listri-istri mereka dari saudara perempuan mereka dari tenda saudara laki-laki ayah mereka, supaya tanda-tanda lainnya dapat tersebar.
Sebelum sepuluh ribu tahun sebelum masehi, para pengembara selalu mengikuti sifat migrasi alamiah mereka. Tapi domba dan kambing tidak mempunyai sifat migrasi natural.Mereka dijinakkan sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu – hanya anjing yang menjadi pengikut tertua mereka dan ketika manusia menjinakkan hewan – hewan ini, dia mengambil tanggung jawab dari alam bahwa pengembara ini harus memimpin kawanan yang tidak berdaya ini sampai ketempat migrasi mereka.
Peran seorang wanita di dalam rombongan pengembara sangat mudah untuk didefinisikan. Fungsi utama dari seorang wanita adalah memberikan anak kepada para pria terlalu banyak anak perempuan akan menimbulkan kemalangan, karena dalam perjalan panjang kawanan ini, mereka akan mengadapi bencana. Terpisah dari hal diatas, tugas mereka selanjutnya adalah menyiapkan makanan dan pakaian. Sebagai contoh, perempuan – perempuan di tengah suku bakhtiari sering membakar roti. Tapi mereka makan setelah para pria selasai memakan roti mereka. Seperti laki-laki hidup dari wanita ada ditengah – tengah kawanan suku pengembara ini. Mereka menyusi kawanan ini ketika kecil dulu, lalu mereka membuat sebuah yogurt dari susu dengan memutar nya ke dalam sebuah tas dari kulit kambing dengan sebuah perkakas kayu primitive. Mereka hanya membutuhkan teknologi yang sederhana yang bias membawa mereka kedalam perjalanan sehari-hari dari satu tempat, ketempat lainnya. Kederhanaan tidaklah romantis ini adalah masalah bertahan hidup. Segalanya haruslah ringan untuk dibawa, untuk dipersiapkan kepada kelompok mereka setiap petang dan untuk di bungkus kembali setiap pagi.
Yang menjadi langkah terbesar dalam pendakian manusia adalah perubahan dari pengembara kemasayarkat yang mulai bertani. Ledakan dari tumbuhan barupa diakhir zamanes, gamdum hibrida pun muncul di timur tengah. Itu terjadi dibanyak tempat :tempat yang khusus adalah oasis purba Jericho.
Jericho sendiri lebih tua dari bercocok tanam. Orang pertama yang dating kemari dan menetap dengan mata air Jericho,dalam hal ini tanah terpencil dimana orang-orang mulai memanen gandum, tapi tidak ada satu orang pun disana yang tahu bagaimana cara menananam gandum. Kita tahu ini karena mereka membuat perkakas untuk memanen gandum secara liar, dan ini adalah bagian yang luar biasa untuk tahu keperluan mereka dimasa depan. Mereka membuat sabit dari batu api yang telah bertahan . John Garstang menemukan mereka ketika dia sedang menggali di sanatahun 1930. Sabit purba dibuat dengan gagang dari tanduk rusa, atau tulang.

Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka. Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan. kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.
Sebelum 10000 nomad BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar